Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Obat Sakit Gigi Alami Dan Apotik Yang Paling Ampuh

Obat Sakit Gigi Paling Ampuh - Semua orang niscaya pernah mengalami yang namanya sakit gigi. Bagaimana rasanya? Pasti sangat sakit dan menganggu sekali kan?. Bahkan ada pepatah yang menyampaikan bahwa sakit gigi nyatanya lebih sakit dibanding dengan sakit hati. Hal itu menekankan bahwa sakit gigi memanglah sungguh sakit dan menciptakan acara kita terganggu.

Terlebih kita juga jadi tak bisa tidur dan bahkan gampang murka sebab sakit gigi, tingkat nyeri yang di alami pun berbeda-beda, tergantung dari keparahan dan penyebabnya. Nah, sebelum kita membahas mengenai bagaimana cara mengobati sakit gigi. Lebih baik kita ketahui dulu apa yang menimbulkan gigi kita sakit dan berdenyut-denyut.

Penyebab Sakit Gigi



Pastinya ada faktor-faktor penyebab yang menjadikan gigi kita sakit, apa saja itu? Silakan simak isu berikut:

1. Gigi Berlubang


Penyebab paling umum sakit gigi yaitu diakibatkan sebab ada gigi yang berlubang. Gigi berlubang lebih rentan terhadap kuman dan bakteri, sehingga menimbulkan rasa sakit. Penyebab gigi berlubang pun bermacam-macam, mulai dari sering mengkonsumsi makanan atau elok atau minuman bersoda.

Jika masalahnya sebab gigi berlubang, jangan terus dibiarkan sebab sanggup semakin membesar dan menimbulkan rasa yang lebih sakit. Disarankan untuk segera melaksanakan tambal gigi untuk meminimalisir lubang semakin membesar, dan hindari makanan elok dan minuman dingin.

2. Jarang Membersihkan Gigi


Salah satu penyebab lainnya gigi berlubang, yakni sebab malas menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sehingga kuman dan basil sangat gampang dan nyaman bersarang pada gigi. Jangan terus membiarkan kebiasaan jelek ini, apalagi sebelum tidur, sangat disarankan untuk selalu membersihkan dan menggosok gigi. Minimal gosok gigi sebanyak 2 kali sehari.

3. Radang Gusi


Gusi radang biasanya sebab infeksi bakteri, sehingga menciptakan gusi menjadi merah, bengkak, dan berdarah. Namun masalahnya bukan hanya terjadi pada gusi, melainkan juga pada tulang gigi yang ikut terinfeksi. Penyebabnya niscaya sebab jarang membersihkan verbal dan menggosok gigi.

Baca juga:  Obat Gusi Bengkak Paling Manjur

4. Penggunaan Kawat Gigi


Kawat gigi memang menjadi salah satu Cara Merapikan Gigi Tonggos, namun pada awal pemakaian niscaya akan terasa sakit sebab gigi belum rata dan terjadi adaptasi yang menimbulkan rasa sakit pada gigi.

Selain itu, pemakaian kawat gigi juga sanggup menciptakan basil lebih gampang tumbuh. Karena potongan bawah logam gigi sulit untuk di jangkau, sehingga gampang ditumbuhi oleh bakteri.

5. Erosi Pada Gigi


Hal ini diakibatkan sebab cara menyikat gigi yang salah, dan menciptakan akar bawah gigi menjadi terbuka. Dengan begitu menciptakan gigi menjadi lebih sensitif, ditambah bila eksklusif kontak dengan makanan panas, hambar ataupun asam.

Selain dari kelima faktor penyebab diatas, masih banyak lagi yang sanggup menimbulkan sakit gigi, menyerupai sinusitis, kondisi bruxism, struktur gigi yang tidak teratur, dll.

Obat Sakit Gigi Paling Ampuh


Ada aneka macam cara yang sanggup kita lakukan untuk mengobati sakit gigi, baik itu secara medis ataupun secara alami. Berikut akan kami berikan beberapa cara menghilangkan sakit gigi paling ampuh dan manjur.

1. Obat Sakit Gigi Bawang Putih



Bawah putih selain dipakai sebagai bumbu penyedap rasa, ternyata manfaat lainnya sanggup mengobati sakit gigi. Banyak yang sudah mencoba keampuhan bawang putih ini. Rasa sakit dan ngilu sanggup diatasi oleh bawang putih.

Cara penggunaan bawang putih untuk sakit gigi, yakni dengan menghaluskan bawah putih, kemudian berikan sedikit garam, sesudah itu tempelkan pada gigi yang sakit.

2. Obat Sakit Gigi Alami Cengkeh


Antiseptik alami yang terkandung pada cengkeh sangat baik sekali untuk mengatasi gigi yang sakit. Dengan minyak cengkeh, maka sanggup membantu meredakan peradangan pada gusi dan menghilangkan rasa nyeri.

Cara penggunaan cengkeh untuk dijadikan obat sakit gigi yaitu cukup dengan mengoleskan miyak cengkeh pada gigi yang sakit dengan pinjaman kapas. Atau sanggup juga meneteskan minyak cengkeh pada segelas air untuk berkumur.

3. Rumput Gandum


Obat penghilang sakit gigi alami berikutnya yaitu rumput gandum. Kandungan klorofil yang cukup tinggi pada rumput gandum dipercaya sanggup membasmi dan mencegah perkembangan basil yang menimbulkan gigi sakit. Selain itu juga sanggup mengobati peradangan pada gusi.

Cara penggunaannya yaitu dengan menjadikan rumput gandum sebagai jus, kemudian gunakan jus tersebut sebagai obat kumur pada pagi dan malam hari.

4. Daun Jamu Biji


Salah satu obat tradisional sakit gigi yang juga cukup ampuh yaitu daun jamu biji. Selain sanggup dipakai sebagai Cara Menghilangkan Uban pada rambut, daun jambu juga sanggup dipakai sebagai obat sakit gigi. Cara penggunannya sangat gampang sekali, anda tinggal eksklusif mengunyah daun jamu biji, atau sanggup juga dengan merebusnya dulu, kemudian airnya gunakan sebagai obat kumur.

5. Daun Timi


Tidak hanya daun jambu biji, dedaunan lainnya menyerupai daun timi juga mempunyai sifat anti basil yang sanggup membasmi basil penyebab sakit gigi. Untuk menggunakannya, cukup teteskan minyak daun timi ke dalam segelas air, kemudian gunakan untuk kumur-kumur. Atau sanggup juga eksklusif mengoleskannya pada gigi yang sakit dengan pinjaman kapas.

6. Obat Tradisional Sakit Gigi (Garam)


Garam selain sanggup dipakai sebagai Cara Menghilangkan Henna, ternyata keuntungannya untuk sakit sangat sakti sekali. Kandungan anti nyeri pada garam akan membantu untuk meringankan sakit gigi.

Cara mengobati sakit gigi dengan garam:


  • Pertama siapkan 1 gelas air panas dan 1 sendok makan garam.
  • Kemudian campurkan hingga rata dan larut.
  • Setelah air mulai hangat, anda sanggup berkumur dengan air garam tersebut.
  • 1 gelas air garam, sanggup dipakai untuk 2 hingga 3 kali berkumur.
  • Agar sakit gigi hilang, lakukan terus secara teratur.

Obat Sakit Gigi di Apotik


Jika tidak kami memperlihatkan isu ihwal apa apa saja obat sakit gigi alami yang paling ampuh, berikutnya kita bahas ihwal obat sakit gigi apa saja yang sanggup kita sanggup di apotik. Berikut informasinya:

1. Asam Mefenamat


Obat sakit gigi yang sanggup anda dapatkan di apotik salah satunya yaitu asam mefenamat. Sebetulnya akan lebih baik bila mendapat obat dengan resep dokter, namun nyatanya anda sanggup membelinya secara gampang di apotik. Memang obat yang satu ini cukup ampuh mengatasi sakit gigi.

Harganya pun sanggup dikatakan murah dan terdapat merek dagang yang berbeda-beda untuk obat ini. Agar lebih jelasnya anda sanggup membaca artikel Asam Mefenamat Untuk Sakit Gigi di artikel kami yang lainnya. Tidak hanya sanggup mengatasi sakit gigi, obat ini juga sanggup meredakan sakit kepala, nyeri haid, dll.

2. Kalium Diclofenac


Berikutnya obat yang sanggup mengatasi dan mengobati sakit gigi adalah kalium diclofenac. Cara kerja obat ini hampir sama dengan asam mefenamat, yakni menghambat zat siklo-oksigenase supaya peradangan sanggup mereda.

Selain menghilangkan sakit gigi dan gusi, kalium diclofenac juga mempunyai kegunaan dalam mengatasi persendian dan pengeroposan tulang. Namun obat ini tidak baik bila di konsumsi untuk jangka panjang, sebab sanggup menimbulkan beberapa pengaruh samping bagu tubuh.

3. Paracetamol


Obat yang satu ini sangat populer dan dikenal sebagai obat penurun demam dan aneka macam disarankan sebab jarang menimbulkan pengaruh samping. Namun tidak hingga disitu, kegunaan lain dari paracetamol ternyata juga sanggup membantu meredakan sakit gigi dan akan bekerja lebih baik bila dipakai dengan aspirin.

Namun berbeda dengan asam mefenamat yang sanggup mengatasi nyeri serta peradangan, paracetamol hanya sanggup mengatasi nyeri saja biar berkurang. Untuk sakit gigi, biasanya dengan takaran 500 mg sudah sanggup mengatasi nyeri gigi. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya sebab sanggup menjadikan kerusakan hati. Paracetamol sanggup juga dipakai untuk obat sakit gigi anak, namun harus dengan resep dokter.

4. Clindamycin


Obat yang satu ini yaitu salah satu jenis obat antibiotik makrolide yang sanggup anda dapatkan di apotik. Walaupun pada umumnya obat ini sering dipakai untuk mengatasi dilema pencernaan, nyeri sendi, dan tulang, tetapi banyak juga yang menggunakan obat ini untuk sakit gigi.

Cara kerja obat ini yaitu dengan menghambat basil penyebab peradangan di dalam tubuh, termasuk gusi. Dengan terhentinya peredaran bakteri, maka peradangan pun sanggup mereda.

5. Obat Sakit Gigi Ponstan



Ponstan yaitu salah satu obat  sakit gigi apot Iyang paling sering di konsumsi. Ponstan sendiri yaitu jenis obat yang mengandung asam mefenamat, yang sudah di jelaskan tadi. Selain mengatasi sakit gigi, ponstan juga sanggup meredakan peradangan pada gusi. Cara kerjanya pun sama menyerupai asam mefenamat.

Sebetulnya masih banyak obat sakit gigi alami dan juga apotik yang sanggup anda gunakan untuk meredakan sakit gigi, namun obat-obat diatas yaitu yang cukup sering dipakai oleh masyarakat. Selain obat, banyak juga jamu yang sanggup mengatasi sakit gigi.

Untuk menghindari konsumsi jangka panjang yang sanggup menimbulkan pengaruh samping, maka bila anda mengkonsumsi obat sakit gigi di apotik atau medis lainnya, sangat disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter, sebab pada umumnya obat-obat jenis ini harus di sertai dengan resep dokter. Berbeda dengan cara menghilangkan sakit gigi alami yang sangat minim risiko pengaruh samping, bahkan tidak ada pengaruh samping sama sekali.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas obat sakit gigi alami dan apotik yang paling ampuh. Semoga sanggup bermanfaat bagi kita semua, dan mohon maaf bila ada salah kata atau isu yang kurang jelas.

Jika bermanfaat jangan lupa share ke teman-teman yang lain ya. Sampai jumpa pada artikel kesehatan berikutnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!