Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jaringan Komputer Dan Fungsinya

Salah satu istilah yang paling sering didengar untuk persoalan komputer ialah Jaringan Komputer. Terutama untuk komputer yang memang sudah mempunyai sistem terkoneksi antara satu dengan yang lain niscaya akan memakai istilah jaringan dalam penggunaannya. Berikut ini banyak sekali macam jenis jaringan komputer beserta pengertiannya.

Fungsi pada jaringan yang terdapat pada komputer terdiri dari begitu banyak sekali manfaat yang sanggup Anda dapatkan. Dengan banyaknya manfaat, maka tak gila kalau banyak orang menentukan untuk memakai jaringan dengan sistem tertentu. Penggunaannyapun sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan sehingga sanggup mempermudah semua acara yang selama ini dilakukan secara manual.

Jaringan yang ada di komputer ialah sistem terdiri dari dua atau lebih perangkat komputer. Ditambah dengan perangkat-perangkat lainnya yang dibentuk atau dirancang untuk bekerja dengan banyak sekali tujuan ibarat tujuan untuk berkomunikasi, akomodasi untuk mengakses informasi, mendapat layanan ataupun service antara komputer satu dengan yang lainnya.

Salah satu istilah yang paling sering didengar untuk persoalan komputer ialah Jaringan Komp Jaringan Komputer dan Fungsinya

Sekilas Memahami Tentang Jaringan Komputer


Fungsi dan Manfaat

Dapat untuk menghemat biaya. Penggunaan jaringan pada komputer bermanfaat untuk menekan biaya untuk kebutuhan perangkat-perangkat yang Anda gunakan. Sebab, sumber daya sanggup dipakai secara bersamaan.

Contohnya kalau Anda mempunyai hanya satu buah printer, printer tersebut lalu sanggup dipakai oleh banyak User atau pengguna dengan komputer yang berbeda-beda. Sehingga Anda hanya cukup menyediakan satu printer untuk banyak komputer.

Manfaat yang kedua ialah sanggup mempercepat proses menyebarkan data. Biasanya salah satu alat yang dipakai untuk menyebarkan data ialah dengan memakai perangkat embel-embel ibarat flashdisk.

Namun, dengan memakai jaringan pada komputer, transfer data akan lebih cepat bahkan sanggup menjangkau jarak jauh sekalipun. Hal ini sanggup memudahkan Anda sebagai pengguna untuk mendapat file data yang Anda perlukan.

Menjaga isu Terbaru. Dengan adanya jaringan di komputer ditambah sistem penyimpanan data yang terdapat pada satu komputer dan dikelola dengan baik pada satu komputer. Sehingga Anda mendapat susukan dari banyak sekali daerah yang berbeda, dan sanggup membatasi susukan ke data tertentu sewaktu data tersebut sedang diproses.

Berbagai Jenis Jaringan

Jaringan Komputer sendiri terbagi menjadi banyak sekali jenis. Perbedaan jenis ini terbagi menurut dari tempat, letak geografis, distribusi sumber isu dan lainnya.

Untuk pembagian menurut jangkauan geografisnya terbagi menjadi tiga yaitu LAN, MAN dan WAN. Local Area Network atau yang sering disingkat dengan LAN ialah jaringan yang hanya meliputi wilayah kecil saja, misalnya adalah  warnet, kantor, atau sekolah.

Pada umumnya LAN mempunyai luas areanya tak lebih dari 1 km persegi. Biasanya jaringan LAN memakai teknologi IEEE 802.3 Ethernet dengan batas kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s. Tidak hanya memakai teknologi Ethernet, jaringan ini juga sudah banyak memakai teknologi nirkabel ibarat Wi-Fi untuk jaringan LAN.

Jenis yang kedua ialah MAN atau Metropolitan Area Network. Jaringan ini sanggup meliputi suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi.  Jaringan ini merupakan adonan beberapa LAN. Jangkauan jaringan MAN berkisar antara 10-50 km dan terdiri atas satu atau dua kabel saja. Namun sanggup ditambahi dengan adanya elemen switching yang difungsikan dengan rancangan menjadi lebih sederhana.

Jaringan ketiga ialah Wide Area Network atau WAN. Jaringan ini mempunyai jangkauan geografis yang lebih luas dibandingkan dengan LAN, misalnya pada sebuah negara bahkan benua. WAN sering difungsikan sebagai penghubung dua atau lebih jaringan yang bersifat lokal. Anda sanggup dikomunikasikan dengan pengguna yang lain walaupun Anda tidak dalam satu wilayah yang sama.

Jaringan Komputer juga terbagi dari jenis yang didasarkan pada pendistribusian sumber isu atau data yang diperoleh. Jika menurut fungsinya terbagi menjadi dua jenis yaitu jaringan peer to peer dan jaringan komputer klien-server.

Jenis Jaringan Komputer Peer to Peer ialah memungkinkan sebuah komputer sanggup berfungsi sebagai server sekaligus sebagai klien walaupun ada dalam satu jaringan. Sehingga, satu komputer mempunyai dua fungsi sekaligus tergantung dari Anda ingin memakai yang mana.

Kemudian untuk jenis yang kedua ialah Jaringan Komputer Client Server. Jenis ini ialah model untuk jaringan yang salah satu dari komputernya sanggup dipakai sebagai Server dengan fungsi untuk melayani komputer lain yang difungsikan sebagai klien. Sehingga model jaringan ini komputer server biasanya mempunyai kepingan khusus dan hanya mempunyai fungsi sebagai penyedia layanan yang diharapkan klien.

Jaringan komputer juga dibagi menurut topologinya. Jenis ini terbagi menurut topologi ring, topologi bus, topologi star dan topologi tree. Jenis jaringan ini merupakan bentuk jaringan dimana mempunyai bentuk atau struktur jaringan yang sanggup menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya.

Ada juga jenis jaringan komputer yang menurut media transmisinya. Jaringan Komputer ini juga terbagi menjadi beberapa jenis yaitu jaringan yang memakai media kabel (wired network) dan ada yang tidak memakai kabel atau juga disebut dengan nirkabel.

Untuk Jenis jaringan pada komputer yang masih memakai kabel ini biasanya memakai media kabel sebagai media penyampaian data. Jenis ini juga kerap disebut  dengan jenis jaringan memakai media transmisi terpadu atau Guided Transmission Media.

Untuk beberapa kabel yang sanggup Anda gunakan untuk menciptakan model jaringan satu ini bagiannya diantaranya ialah kabel Coaxial, kabel TP (STP dan UTP), serta kabel Fiber Optic. Dengan kabel jenis itu maka jaringan akan berpengaruh dan sanggup dipakai dengan maksimal.

Untuk jenis jaringan kedua menurut media kabel penyampaian data ialah jaringan tanpa memakai kabel atau juga disebut dengan nirkabel. Jaringan komputer yang satu ini mengandalkan sistem gelombang untuk media penyampaian datanya.

Jenis jaringan nirkabel yang satu ini juga sering disebut dengan jaringan yang memakai media transmisi tidak terpadu. Contoh jaringan yang memakai jenis jaringan ini yang biasa Anda temukan dan juga sering dipakai antara lain Gelombang Mikro, Satelit dan Sinar Infra Merah.

Pembagian lainnya ialah menurut distribusi sumber transmisi datanya. Pembagian ini lalu masih dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu Terpusat dan Terdistribusi. Jenis jaringan ini merupakan jenis yang terdiri dari komputer klien dan juga server. Selanjutnya salah satu dari komputer yang dimiliki oleh klien menjadi komputer yang berfungsi sebagai mediator sehingga sanggup dipakai untuk mengakses komputer yang menjadi sumber isu di jaringan tersebut.

Jenis kedua untuk jaringan yang menurut distribusi sumber ialah Jaringan Terdistribusi. Jenis jaringan yang satu ini menjadi satu jenis perpaduan antara beberapa jenis jaringan yang terpusat sehingga pada satu jaringan mempunyai beberapa komputer server dengan saling berafiliasi antara klien sehingga membentuk sistem dengan jaringan tertentu.

Ilmu komputer terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Maka sanggup saja ke depannya ada semakin banyak jaringan komputer yang hadir dan mempermudah kehidupan insan secara global.